Prodi Fisioterapi
Universitas Muhammadiyah Malang
Prodi Fisioterapi
Universitas Muhammadiyah Malang

Laboratorium

PENGANTAR LABORATORIUM


Telah ditetapkannya Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68/E/O/2012 tanggal 1 Maret 2012 tentang penyelenggaraan program S1 Fisioterapi pada Universitas Muhammadiyah Malang maka proses akademik mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga persiapan perkuliahan akan segara terlaksana. Kurikum merupakan proses yang inti dalam pembelajaran bagi mahasiswa Program S1 Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Persiapan kurikulum membutuhkan pengerahan tanaga dan pikiran untuk menghasilkan kurikulum S1 Fisioterapi yang bermutu dan berkualitas. Secara berkala dan berkelanjutan pengadaan peralatan-peralatan kesehatan khususnya bidang fisioterapi yang mendukung pendirian Program Studi Fisioterapi ini telah dilakukan bersama-sama dengan program studi lain atau fakultas lain (Fakultas Kedokteran, Program Studi Keperawatan S1 dan D3) secara terintegrasi. Demikian juga kebutuhan tenaga kesehatan lainnya, misalnya dokter maupun tenaga paramedis yang lainnya. Untuk menyelenggarakan program ini telah dipersiapkan tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi yang memadai.

Pimpinan dan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Malang memberikan dukungan penuh terhadap pembukaan Program Studi Fisioterapi. Dukungan itu berupa fasilitas, bantuan tenaga baik akademis maupun administratif dan akses informasi dan dana bagi pembukaan program studi ini. Program Studi Fisioterapi telah mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana yang memadai. Ruang Kuliah beserta perlengkapan perkuliahan klasikal dan Laboratorium Komputer dan Bahasa Inggris yang terintegrasi telah tersedia. Sedangkan Laboratorium bidang keahlian fisioterapi juga telah tersedia, diantaranya Laboratorium Anatomi, Laboratorium Terapi Manipulasi, Laboratorium, Skill Lab (meliputi laboratorium pemeriksaan, Laboratorium Pool Terapi dan Laboratorium Elektroterapi), Laboratorium Pendidikan, Laboratorium Pediatri dan Gymnasium. Laboratorium pengembangan fisioterapi juga sedang dipersiapkan meliputi klinik pelayanan umum, klinik anti-aging dan kecantikan serta klinik fisioterapi. Di tunjang dengan terintegrasinya RS UMM dengan Prodi Fisioterapi sangat memberikan kontribusi yang besar dalam pelayanan laboratorium kepada mahasiswa, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kemampuan mahasiswa dalam kegiatan akademik.


Laboratorium Elektro Fisika

Laboratorium ini merupakan laboratorium dasar yang wajib dilalui oleh mahasiswa sebelum menuju pada kompetensi selanjutnya. Laboratorium ini di desain sebagai sumber belajar mahasiswa dengan menggunakan ragam alat praktek sebelum alat ini dipergunakan dan dijadikan sebagai alat bantu terapi bagi klien.


   
Laboratorium Manual Terapi

Laboratorium ini bertujuan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari tehnik assessment dan pengukuran, pemeriksaan osteo-kinematika dan artro-kinematika sendi, pemeriksaan isometrik dan MMT otot, tehnik atau metode intervensi secara manual pada penderita. Manual terapi ini dapat diterapkan pada sendi perifer maupun sendi-sendi vertebrae serta skill tentang massage.
   
Gymnasium
 
Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang latihan kebugaran untuk menjaga fungsi mekanis tubuh, mahasiswa dapat belajar tentang dasar-dasar pergerakan seperti ROM aktif dan pasif serta bagaimana pemeliharaan gerak dan peningkatan kembali fungsi gerak dan ketahanan otot.
   
Laboratorium Pediatri

Laboratorium ini mengajarkan pada mahasiswa tentang pembelajaran maupun praktek klinis pada kondisi kasus-kasus pada anak-anak. Laboratorium pediatri menunjang mahasiswa untuk menetapkan berbagai teknik stimulasi untuk tumbuh kembang anak, dan berbagai teknik fisioterapi untuk kondisi pediatrik.
   
Laboratorium Skill Fisioterapi

Laboratorium ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terhadap pengembangan tindakan fisioteraphy pada berbagai kasus pediatri, geriatri, obsgyn, musculosceletal dan kardiopulmonal.
 
Laboratorium Pool Therapy

Laboratorium Pool Therapy Prodi Fisioterapi UMM tergolong baru di lingkungan Prodi, menyusul diakuisisinya Taman Rekreasi Sengakaling oleh UMM pada akhir Tahun 2013. Laboratorium ini bertujuan memberikan pengajaran tentang treatment yang dilakukan oleh fisioterapis didalam kolam renang.













Shared: